MATERI

EKOSISTEM

A. Populasi

Kumpulan individu sejenis dalam areal tertentu

  • Kepadatan populasi: besarnya populasi persatuan luas
  • Faktor yang mempengaruhi kepadatan populasi:

1. Natalitas (kelahiran)

2. Mortalitas (kematian)

3. Migrasi (imigrasi dan emigrasi)

B. Komunitas

Kumpulan populasi yang menempati areal tertentu

C. Ekosistem

Hubungan timbal balik yang kompleks antara organisme dengan lingkungannya

Macam ekosistem:

1. ekosistem alami

2. ekosistem buatan

3. ekosistem suksesi

D. Biosfer

Kumpulan ekosistem di permukaan bumi

Komponen Ekosistem

A. Komponen biotik

1. Produsen (penghasil)

2. Konsumen (Pemakai)

3. Dekomposer (pengurai)

B. Komponen Abiotik

1. Gas karbondioksida dan oksigen

2. AIr

3. Tanah

4. Suhu

5. Kelembaban

6. Cahaya matahari

7. Iklim

Pengelompokan makhluk hidup

A. Organisme Autotrof

Organisme yang mampu menyusun zat makanan sendiri melalui mekanisme fotosintesis

Jenis organisme autotrof

1. Fotoautotrof (organisme yang memanfaatkan energi matahari) contoh: tumbuhan hijau

2. Kemoautotrof (organisme yang memanfaatkan energi kimia) contoh: bakteri

B. Organisme heterotrof

Organisme yang tidak mampu menyusun zat makanan sendiri.

Jenis organisme heterotrof:

  • Herbivora (pemakan tumbuhan): sapi, domba, kelinci
  • Karnivora (pemakan daging): harimau, burung elang, singa
  • omnivora(pemakan segala): manusia

INTERAKSI ANTAR ORGANISME

  1. Netralisme adalah hubungan yang tidak saling mempengaruhi. contoh : kambing dan burung di kebun
  2. Antibiosis adalah interaksi antar organisme dimana organisme yang satu mengeluarkan zat antibiotik yang berbahaya bagi organisme lain. Contoh: jamur penicillium dengan mikroorganisme
  3. Predatorisme adalah interaksi dimana hewan yang satu memangsa hewan yang lain. contoh: ular memangsa tikus
  4. Simbiosis mempunyai 3 golongan: yaitu:
  • Mutualisme adalah kerja sama saling menguntungkan antara dua jenis organisme. contoh: lebah dan bunga, kacang tanah dan bakteri rhizobium
  • Komensalisme adalah hubungan dua organisme yang menguntungkan satu pihak sedangkan pihak yang lain tidakdiuntungkan dan tidak dirugikan. contoh: ikan remora dan ikan hiu
  • Parasitisme adalah hubungan dua organisme yang menguntungkan satu pihak sedangkan pihak yang lain dirugikan. contoh: cacing pita dan (usus) manusia. benalu dan tumbuhan inang

This post was published to B I O L O G I at 14:38:09 02/08/2008

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

                                                                                                       

(Sumber: tim matrik media literata. 2007)

1.       Alat kelamin pria

·         Sepasang testis (penghasil sperma dan hormon testosteron)

·         Epididimis (tempat pematangan sperma)

·         Vasdeferens (saluran sperma dari testis ke kantong sperma)

·         Vesikula seminalis (tempat penampungan sperma)

·         Kelenjar prostat (penghasil cairan basa untuk melindungi sperma)

·         Kelenjar cowper (penghasil lendir untuk melumasi )saluran sperma)

·         Penis 

(Sumber: http://www.wikipedia.org)

 

2.       Alat kelamin perempuan

·         Ovarium / indung telur (penghasil ovum dan estrogen)

·         Saluran telur / tuba fallopi / oviduct (tempat fertilisasi)

·         Rahim/uterus (tempat pertumbuhan dan perkembangan embrio

·         Vagina

     

 

  

(Sumber: wikipedia.org)

SPERMATOGENESIS

                Proses pembuatan sperma disebut spermatogenesis dan berlangsung di testis tepatnya di tubulus seminiferus. Mula mula sel induk sperma (spermatogonium) membelah secara mitosis beberapa kali sehingga dihasilkan lebih banyak spermatogonium. Spermatogonium membelah secara mitosis menjadi spermatosit primer yang memiliki 2n kromosom (diploid). Kemudian spermatosit primer membelah secara meiosis menghasilkan spermatosit sekunder yang memiliki n (haploid) kromosom. Spermatosit sekunder membelah secara meiosis menghasilkan 2 selyang juga haploid.Hasil pembelahan disebut spermatid. Sel sel spermatid akan mengalami diferensiasi menjadi sperma. Diferensiasi tersebut meliputi adanya kepala, badan (bagian tengah) dan ekor (flagela)

OOGENESIS

                Proses pembentukan ovum di dalam ovarium disebut oogenesis. Oogonium akan membelah secara mitosis membentuk oosit primer 2n (diploid). Oosit primer akan mengalami pembelahan meiosis menjadi 2 sel yang memiliki ukuran yang tidak sama. Sel yang kecil disebut badan polar pertama yang akan mengalami pembelahan meiosis menjadi 2 badan polar. Sel yang ukuran besar disebut dengan oosit sekunder, yang terus membelah menghasilkan satu sel yang besar disebut dengan ootid dan satu sel badan polar. Sel ootid akan berkembang menjadi ovum yang siap diovulasikan.

 

FASE MENSTRUASI

Pada wanita yang mengalami pubertas, maka normalnya setiap bulan wanita akan mengalami menstruasi. Menstruasi adalah peristiwa luruhnya dinding rahim dan ovum yang sudah diovulasikan dari ovarium ke luar tubuh melalui lubang vagina karena tidak dibuahi. Sewajarnya, proses menstruasi identik dengan pengeluaran darah karena luruhnya dinding rahim, yaitu jaringan endometrium yang mengandung banyak pembuluh darah. Berikut ini adalah gambaran siklus menstruasi selama 1 bulan dengan contoh wanita yang mengalami siklus 28 hari dan lama menstruasi 6 hari.

PENYAKIT MENULAR SEKSUAL (PMS)

1         Gonorea

Bakteri penyebab penyakit ini adalah Neisseria gonorrhoeae. Masa inkubasinya adalah 2-10 hari setelah kuman masuk ke dalam tubuh melalui hubungan seksual. Gejala gonorea antara lain alat kelamin terasa nyeri, merah, bengkak dan bernanah. Gejala pada pria adalah rasa sakit pada saat kencing, keluarnya nanah, ujung penis merah dan bengkak. Penyakit ini sering kali menyebabkan kemandulan. Jika penderita sedang hamil, penyakit ini dapat diturunkan kepada bayi yang baru lahir yaitu berupa infeksi pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

2         Sifilis

Bakteri penyebabnya adalah Treponema pallidum. Masa inkubasinya selama 3-4 minggu, kadang kadang sampai 13 minggu. Kemudian timbul benjolan disekitar alat kelamin. Sifilis kadang kadang disertai pusing pusing dan nyeri tulang seperti flu, yang akan hilang sendiri tanpa diobati. Gejala ini akan hilang dengan sendirinya dan sering kali penderita tidak memperlihatkan hal ini. Selama 2-3 tahun pertama, penyakit ini tidak menunjukkan gejala apa apa atau disebut masa laten. Setelah 5-10 tahun, penyakit sifilis akan menyerang susunan saraf otak, embuluh darah dan jantung.

3         Herpes genital

Penyakit ini disebabkan oleh virus Herpes simplek dengan masa inkubasi 4-7 hari sesudah virus masuk ke dalam tubuh. Gejalanya adalah bintil berair di sekitar kemaluan, bintil pecah dan meninggalkan luka kering mengerak, lalu hilang sendiri. Pada wanita, penyakit ini seringkali berkembang menjadi kanker mulut rahim beberapa tahun kemudian. Penyakit ini belum ada obatnya, tetapi pengobatan antivirus bisa mengurangi rasa sakit dan lamanya penyakit yang diderita.

4         Kandidiasis vagina

Kandidiasis vagina merupakan keputihan yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Pada keadaan normal, jamur ini terdapat dikulit mapun di dalam vagina. Akan tetapi pada keadaan tertentu, jamur ini menimbulkan keputihan.

5         HIV/AIDS

AIDS adalah singkatan dari acquired immune deficiency syndrome. Penyakit ini adalah kumpulan gejala akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang terjadi karena seseorang terinfeksi HIV. HIV adalah singkatan dari Human immunodeficiency virus.orang yang terinfeksi oleh virus ini tidak dapat mengatasi serangan infeksi penyakit lain karena sistem kekebalan tubuhnya menurun terus secara drastis. AIDS termasuk PMS, karena salah satu cara penularannya adalah melalui hubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi HIV.

             Sampai sekarang, belum ditemukan cara pengobatan HIV / AIDS yang tuntas. Saat ini, yang ada hanyalah menolong penderita untuk mempertahankan tingkat kesehatan tubuhnya. Kamu telah mempelajari penyakit HIV/AIDS dan PMS lainnya. Untuk itu kamu harus berusaha agar tidak tertular penyakit tersebut. Cara pencegahannya yang paling tepat untuk remaja sepertimu adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah.

 

 

Responses

  1. aq sng bangt_!! pa lg bwt aq yg br z jd nax klz VII,,
    thx bangt coz dh bqin aq jd ngrti.. ne bermanfaat bangt dah_!!

  2. aqyyuuu sng bgtzzz coz q jd ngerti tntng plajaran byologi

  3. ah,kurang lengkap

  4. wah…kyknya krang lengkaaap neh…..hehehehe^_^

    plizzz,lengkapin lagi donk

  5. makasih bangget yah……………..
    q jd dapet tugas q deh……………
    thx bgt yah…………………………

  6. apa gak salah tuh ttg konsep mutualisme, sepanjang yg saya tahu mutualisme adalah interaksi dua individu berbeda jenis yang saling menguntungkan dan jika dipisahkan keduanya akan mati. Jadi contohnya gak match kalo’ lebah ama bunga, sebab bunga tidak akan mati jika dipisahkan dari lebah kan masih ada lain kupu-kupu, capung. Yang pas mungkin bakteri pengurai selulosa di tubuh hewan pemamah biak sapi kebo dll

  7. ak sneng bgt da web ni……
    tp, ak nyari ttg plajaran di buku g ada…..

  8. Aduch…….Makacih bgt.Aq lbh tau ttg pxkt2 reproduksi n aq lbh tau ttg plajrn biologi.(Iswari_SMPN2 Bangkalan)

  9. ohh gitu tho, gue jadi ngerti. sebernya dulu di SMA dah di pelajari c!!! tapi dulu kan dah lama jadi lupa dech!!!sekarang gue jadi inget. makasaih yaw

  10. tQ’s bGt yah…..
    Qw jd GmPg dech ngerjain tugas rumah…..
    n Qw jd dapet pengetahuan baru dech….

    tQ’s bGt yah…………

  11. thank’z banget!aku jadi bisa ngejawab soal2 biologi.thank’z banget ya………

  12. belajar dari intrnet lebih asyk, aq g bosen” buka situs nech……..

  13. apa beda cewek perawan ma ga perawan blas dong tgas akbid

  14. makasih banget, aku bisa masuk kan ke file ku semoga blog ini bisa menyajikan informasi yang berguna bagi aku dan teman – teman

  15. blh minta contoh soal UAN 2008 nggak???

    ThanksYa

  16. bagus de jadi kita bisa tau tentang penyakit kelamin dan gejalanya..!

  17. Asslm…..
    trim’s atas informasi x……
    wsslm…

  18. makasih banget yaw……..
    say jdi pnya cttan tntg ekosistem….

  19. ternyata berbahaya seks di luar nikah teh gening…….
    kade ach borooow……..?

  20. makasih yg udah buat .
    di sekolah aku gk dikasih materi tpi berkat blog ini aku bisa tau
    thanks again

  21. makacih ya…..!!!! dgn ini udah nambah referensi pengetahuan kita…..!!! mungkin perlu ditambah dengan materi – materi yang lain….. it’s OYiiii…..!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: